30 September Mahasiswa Sintang Bergerak, Jarot Harap Tak Ada Tindakan Anarkis

oleh

SINTANG – Beredar kabar bahwa Aliansi Mahasiswa Senentang berencana akan melakukan demonstrasi, di Gedung DPRD Kabupaten Sintang, pada Senin (30/9/2019).

Hal tersebut diketahui setelah beredarnya brosur bertuliskan Kosongkan Kampus!!!. Dengan Hastag Sintang Bergerak Senin 30 September 2019. Kita Kuliah di DPRD.

Menanggapi hal itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, bahwa kaum muda memang mesti diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya dalam bentuk apa pun selama kegiatan itu positif.

“Saya cinta dengan kaum muda. Mereka mesti diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya dalam bentuk apapun juga, selama positif, termasuk juga demonstrasi,” ujar Jarot saat ditemui di Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (28/9) siang.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Sintang ini juga mengimbau kepada mahasiswa, agar jangan lagi membuat tuntutan yang sudah terpenuhi.

“Ini harus disadari, bahwa buat tuntutan yang sudah terpenuhi, jangan dituntut lagi,” katanya.

Jarot juga tak menampik, terkadang demo dalam skala besar bisa saja menjerumus ke arah anarkis, sampai timbulnya korban jiwa. Maka dari itu, ia minta tolong ini dijaga jangan sampai terjadi.

“Jaga keamanan kalian masing-masing. Buat barisan yang teratur dan menyampaikan aspirasi secara sopan. Jangan sampai terjadi bentrokan antara aparat dan mahasiswa,” pintanya.

Jarot juga mengatakan, bahwa dirinya sering bertemu dengan forkopimda membahas persoalan seperti ini. Ia berharap pengamanan di Sintang terhadap aksi-aksi mahasiswa ini bisa lebih mengedepankan pencegahan.

“Kitah harapkan aksi nanti dapat dijaga degang elegan, dengan penuh kemanusiaan dan kesabaran, sehingga tidak terjadi bentrok antara aparat dan mahasiswa maupun masyarakat umum yang ikut demo,” pungkasnya. (*)