BUPATI SINTANG RESMIKAN PAUD ASSALAM

oleh


Sintang. SD. Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Assalam di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang pada hari Senin (19/11).

Peresmian gedung PAUD Assalam tersebut ditandai dengan pemukulan gong serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Sintang dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang.

Dalam arahannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa PAUD ini merupakan salah satu pendidikan yang menjadi perhatian khusus, “PAUD sekarang utamanya bukan dipersiapkan untuk menuju ke pendidikan sekolah dasar, tetapi PAUD ini menjadi perhatian karena PAUD adalah pendidikan yang sangat diperlukan oleh anak-anak untuk mendapatkan enam pelajaran dasar”, kata Jarot.

Enam pelajaran dasar tersebut, sambung Jarot dalam arahannya anak-anak dilatih dengan pendidikan yang baik, “jadi ada enam bidang dasar yang harus anak-anak pelajari di PAUD, pertama pendidikan moral agama, kedua fisik mereka, ketiga motorik mereka, kemudian kognitifnya, keempat psikoemosional mereka, dan keenam adalah kesenian mereka itu semua kita pelajari di PAUD”, sambungnya.

Bupati Sintang memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa beserta masyarakat atas berdirinya PAUD Assalam di Desa Merarai Satu, Kecamatan Sungai Tebelian ini, “sungguh bagus pembangunan gedung PAUD ini dibangun dengan cara gotong royong, ini tanah merupakan tanah hibah, kemudian gurunya ada yang sukarela mengajar, kemudian dari Pemerintahan Desa menyisihkan anggaran untuk pembangunan PAUD ini dan Pemerintah Pusat juga begitu”, tuturnya.

Masih kata Bupati Sintang, pembangunan gedung PAUD Assalam dengan cara gotong royong adalah wujud nyata menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Sintang membangun Sintang dengan tekad persatuan dan kesatuan, “semuanya gotong royong, saling membantu, sehinggalah bangunan gedung ini dapat berdiri, kalaulah hidup kita ini rukun, saling gotong royong, maka kita akan bersatu, dan bersatu itulah akan membuat Kabupaten Sintang kita tercinta semakin kuat berdiri kokoh”, ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Imam Mustajab menjelaskan progres pelaksanaan pembangunan PAUD Assalam, “perjalanan panjang untuk membuat gedung baru PAUD Assalam ini, perlu diketahui bahwa PAUD ini berdiri sejak 2010 dari tahun tersebut, PAUD Assalam menumpang pendidikan di Masjid yang berjarak sekitar 500 meter dari sini, kemudian 2016 kami dibantu oleh Pemerintah Desa, Wali Murid melalui iuran, dan beberapa bantuan lainnya, akhirnya pembangunan gedung selesai pada tahun 2018 dengan total dana 178 juta yang dibantu lagi dengan tenaga tukang sukarela dari masyarakat Desa Merarai Satu”, jelasnya.

Masih kata Imam Mustajab melanjutkan penjelasannya bahwa gedung PAUD yang baru ini terdapat 3 ruang lokal, “jadi ada 3 ruang lokal, 1 ruang untuk dewan guru atau kantor, dan 2 ruang untuk kelas belajar dan mengajar, tentu ini merupakan kebahagiaan kami sendiri karena anak-anak kami disini sudah ada gedung PAUD tersendiri”, tambahnya.