Jadwal MTQ Sintang Dimajukan, Pemkab Minta Setiap Kecamatan Persiapkan Diri

oleh
Plt Sekretariat Daerah Bidang Pemerintah, Kurniawan saat membuka ekspose rencana kegaitan MTQ XXIV tahun 2019, di Balai Ruai Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Selasa (30/10).

SINTANG – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Sintang mengalami percepatan dalam pelaksanaannya. Semula kegiatan akan dilaksanakan pada tahun 2020, namun atas beberapa pertimbangan, kegiatan akan dilaksanakan pada 2-6 Desember 2019.

“Kegiatan MTQ ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Bapak Bupati dan berbagai instansi terkait yang ada di Sintang,” ujar Plt Sekretariat Daerah Bidang Pemerintah, Kurniawan saat membuka ekspose rencana kegaitan MTQ XXIV tahun 2019, di Balai Ruai Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Rabu (30/10).

Untuk itu, Kurniawan meminta, kepada semua kecamatan dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan ikut ambil bagian dalam setiap sesi dan kualifikasi.

Para khafilah kecamatan, kata Kurniawan dapat mengikuti lima cabang dan 30 golongan lomba yang ada. Panitia juga menjamin berbagai kebutuhan para peserta. Ada cabang lomba bidang Tilawah, Hifzhil, Fahmil, Sarhil dan Khath.

“Kita menyelenggarakan MTQ ini dengan maksud untuk menguji, membuka ajang guna persiapan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Sekadau pada April 2020 nanti,”jelasnya.

Selain itu kata Kurniawan, dengan MTQ ini juga ingin menyediakan wadah untuk menumbuhkan kecintaan dan pemahaman terhadap kitab suci Al’Quran, sebagai wujud pencapaian visi masyarakat Sintang yang religius.

“Nantinya panitia juga mengadakan pawai Ta’aruf dan pameran Islami.  Kegiatan ini juga dilangsungkan dibeberapa fasilitas pubik yang tersebar di Kota Sintang, mulai dari Gedung Pancasila, Pendopo Rumah Dinas Bupati hingga di Eks Lapangan Terbang Susilo,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Ketungau Hilir, Lunsa Balu mengatakan, bahwa pihaknya sudah cukup siap dalam mengikuti MTQ tingkat kabupaten nanti, bahkan kelengkapan kepesertaan juga sudah dilengkapi.

“Rencananya kami dah baguslah, nanti Senin kami akan mematangkan lagi persiapannya. Hanya saja kami ini ikut yang anak-anak jak, karna Ketungau Hilir belum ada peserta untuk yang cabang dewasa,” ujarnya.

Ia pun berharap, pada kegiatn nanti kontingennya dapat meraih prestasi, sehingga bisa mewakili Sintang di ajang tingkat Provinsi Kalbar.

“Kontingen kita sudah ada yang sampai ke tingkat nasional, semoga kali ini akan bertambah lagi prestasi dari Ketungau Hilir ini,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, sejumlah camat dan perwakilan dari LPTQ Kecamatan serta sejumlah panitia acara. (dil)