ISSI Bantu Wujudkan Program Pemda Sintang

oleh

SINTANG – Guna menjaring dan mencari bibit-bibt atlet sepeda berbakat dan berprestasi di Kabupaten Sintang, Ikatan  Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dan Ikatan Sepeda Indonesia Sintang (ISIS) mengelar kejuaran daerah (Kejurda), di Sirkuit BMX Jalan Taswi Gang Nangka, Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Minggu (6/10/19) pagi.

Ketua panitia yang juga ketua ISSI Kabupaten Sintang Etiana Nuraini Liu mengatakan, kegiatan kejurda BMX dan MTB ini merupakan program atau agenda tahunan ISSI Kabupaten Sintang untuk mencari atau menjaring bibit-bibit atlet sepeda guna nantinya akan dibina dan diikut sertakan mewakili Kabupaten Sintang ketingkat Provinsi seperti Porprov.

“Adapun pesertanya untuk BMX yakni usia 9-12 tahun berjumlah 26 orang, 13-16 tahun berjumlah 23 orang. Kemudian untuk MTB ini diikuti BKUCC, instansi pemerintah dan lainnya yang berjumlah sekitar 50 orangh” jelas wanita yang akrab di sapa Ana liu ini.

Ana liu pun menyampaian bahwa usai kejurda ini, ISSI Kabupaten Sintang akan melakukan pembinaan kepada para atlet sepeda yang berhasil menjadi juara dan pihaknya juga tahun ini mempersiapkan 4 sepeda untuk pembinaan bagi yang kejurda ini.

“Peran serta orang tua juga nanti sangat kami harapkan, karena kalau hanya kami sebagai pengurus ISSI bekerja sendiri juga tidak bisa,terlebih memang atlet-atlet BMX ini merupakan anak usia dini rata-rata,” ungkap Ana Liu.

Sementara itu Kadisporapar Kabupaten Sintang Hendrika yang hadir mewakili Bupati Sintang untuk membuka kejurda tersebut mengatakan, pemerintah tersebut. Selain untuk menjaring bibit-bibit atlet sepeda berprestasi yang nantinya bisa mengharumkan nama daerah, kegiatan ini juga sangat menunjang program pemerintah daerah yang ingin mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Terlebih juga olahraga sepeda ini sangat di minati oleh semua kalangan masyarakat, karena manfaatnya sangat besar,” katanya.

Olahraga sepeda ini, katanya bisa membuat otak menjadi cerdas, sehingga anak-anak itu belajar bisa berprestasi, sehat badannya. Hendrika juga berharap, ISSI Kabupaten Sintang terus berkomitmen membantu pemerintah daerah untuk pengembangan olahraga sepeda ini.

Selain itu juga, Hendrika berpesan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya sebagai program tahunan saja, tapi apa yang dihasilkan harus jelas pembinaannya, sehingga nanti bisa berprestasi diajang yang lebih tinggi.

“Terus dibina para juara selesai kegiatan ini, dan para peserta semuanya di beri penghargaan berupa sertifikat agar mereka bangga dan termotivasi mengikuti kegiatan ini lagi kedepannya,” pungkasnya. (say)