Kurniawan Buka Muskab Perbakin Sintang 2019

oleh

SINTANG – Pelaksana Tugas Asisten I Sekretarit Daerah Bidang Pemerintahan, Kurniawan mewakili Bupati Sintang membuka musyawarah Kabupaten (Muskab) Persatuan Menembak Indonesia(Perbakin) Kabupaten Sintang tahun 2019, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Sabtu (12/10/2019).

Dalam sambutannya Kurniawan mengatakan, selaku pelaksana tugas Asisten I di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Sintang di perintah langsung oleh bapak bupati untuk hadir mewakili Bupati dalam musyawarah kabupaten perbakin ini.

“Perlu kita beri apresiasi yang sangat tinggi untuk Perbakin di Kabupaten Sintang yang mana hari ini telah resmi di bentuk. Ini penting untuk memperluas cabang olahraga ini dan juga dapat mengontrol bagi komunitas yang hoby  menembak, sehingga mendapat pembinaan yang lebih serius dalam penyebaran pengunaan  senjata,” katanya.

Perbakin merupakan energi baru bagi pecinta komunitas dalam bidang menembak dan merupakan anak bungsu dalam cabang olah raga di KONI Sintang, yakni yang ke-33. Ini bukan pekerjaan mudah bagi seluruh pengurus cabang untuk menciptakan prestasi dibidang olah raga Tersebut.

“Olah raga menembak perlu sinergitas, dimana harus punya daya kompetitif tinggi dalam mengontrol pengunaan senjata,” terangnya.

Menurut Kurniawan, organisasi yang baik tentu harus patuh kepada aturan dan angaran dasar yang mana harus mampu merumuskan kegiatan kegiatan yang positif, baik dalam jangka pendek maupun jangka Panjang. Perlu diketahui,olahraga menembak ini merupakan alat kontrol bagi siapa yang memegang senjata, bukan dijadikan alat untuk gagah-gagahan.

“Dalam olahraga ini khusunya di Kabupaten Sintang sudah sangat banyak peminat dan penghobi menembak, sehingga diajang menembak ini mampu menciptakan prestasi yang gemilang. Olahraga ini diharapkan mampu memberi warna baru dan nuansa positif bagi dunia olaraga dan mampu menciptakan atlet atlet berprestasi di Sintang,” terangnya.

Kurniawan juga menegaskan,perbakin bukan oganisasi politik akan tetapi olahraga yang berjiwa sosial yang perlu di tanamkan dalam diri pribadi. “Mari kita luruskan niat untuk berhimpun akan tetapi tetap dalam koridor angaran dasar perbakin,mari berjuang,bergerak,dan membangun di bidang olahraga,” ajaknya.

Perwakilan Ketua Perbakin Kalbar, Riadi Nugroho mengatakan, sebelum dilaksanakannya Muskab ini, tentu harus melalui mekanisme dan angaran dasar yang harus sudah ada surat mandat. Ini merupakan Muskab yang ke-8 yang telah terbentuknya Perbakin dari 14 kabupaten/kota di Kalbar.

“Pengajuan surat mandat untuk Muskab Sintang ini sudah dilakukan dari Maret lalu. Kita selaku pengurus Perbakin provinsi harus meninjau lebih jauh dalam pelaksanannya,” ujarnya.

Tentunya melalui mekanisme dan aturan yang berlaku dan juga harus dilihat dari anggaran dasar. Riadi juga mengatakan pembentukan perbakin harus mengacu kepada club atau komunitas menembak dan harus mendapatkan payung hukum dari notaris.

“Setidaknya harus ada 3 club atau komunitas yang mendaftar ke Perbakin provinsi. Untuk kabupaten Sintang sudah ada 5 club atau komunitas yang mendaftar ke kita,” pungkasnya. (say)