PKK Sintang Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Pencanangan KB KES 2019

oleh

SINTANG – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sintang melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan pencanangan kegiatan  Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) tingkat Kabupaten Sintang Periode 2019-2020, di Balai Pegodai pada Senin (14/10).

Pelaksana Tugas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang Yosepa Sepina Biong menjelaskan bahwa pihaknya merencanakan pelaksanaan pencanangan kegiatan  Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) tingkat Kabupaten Sintang Periode 2019-2020 akan dilaksanakan di Desa Landau Bara Kecamatan Kayan Hulu.

“kami rencanakan kegiatan akan dilaksanakan pada Rabu, 20 Nopember 2019. Untuk mohon saran, masukan dan dukungan dari banyak pihak supaya kegiatan ini bisa berjalan lancar. Dan persiapan-persiapan yang kita lakukan bisa maksimal,” ujarnya.

Pihaknya akan lakukan juga penanaman pohon. Maka dari itu, ia mohon pemerintahan desa bisa mendata keperluan masyarakat Desa Landau Bara, misalkan masyarat perlu bibit sayur apa. Sehingga  bisa disampaikan kebutuhan ke dinas terkait dan akan diserahkan saat kegiatan nanti.

“Kalau masyarakat perlu sembako murah. Kita akan   bantu lakukan operasi pasar bekerjasama dengan Bulog.  Kami juga minta dukungan  dinas instansi terkait untuk menyumbangkan  sarana kontak dan sebagainya untuk masyarakat disana. Kami perlu bantuan tenaga medis untuk memberikan  pelayanan. Tim medis kabupaten kecamatan dan desa bisa bergabung nanti,” terangnya.

Ma’ruf Toha sebagai Sekretaris Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang menyampaikan pihaknya siap memberikan dukungan untuk suksesnya kegiatan yang dilaksanakan nanti.

“Saya menyarankan agar bisa dilakukan paling tidak dua kali survey ke Desa Landau Bara. Waktu kita kan masih cukup panjang untuk persiapan. Pada saat kegiatan berlangsung, kita akan lakukan pelayanan KB, sarasehan dan dialog mengenai PKK dan Keluarga Berencana,” terang Ma’aruf Toha.

Ia juga akan memberikan  bantuan kepada keluarga yang layak mendapatkan.  Ia meminta kepala desa bisa memberikan  data keluarga siapa yang layak mendapatkan  bantuan tersebut.

“Kita juga akan lakukan pemutaran film. Mohon siapkan  lokasi yang cocok untuk kegiatan  tersebut. Mohon juga data potensi jumlah masyarakat yang akan dilayani petugas kesehatan  khusus KB,” terangnya.

Kepala Desa Landau Bara Kecamatan Kayan Hulu, Sukirman Bayu mengatakan, pihaknya sangat siap menjadi tuan rumah pelaksana kegiatan ini. Setelah rapat  ini, akan langsung melakukan persiapan dengan melaksanakan rapat dan membentuk tim di desa.

“Desa kami baru ini menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan tingkat kabupaten tapi kami siap,” jelasnya.

Ia mengatakan, akan menunggu informasi kapan tim kabupaten akan melakukan survey ke desanya. Selain itu, pihaknya juga siap menyambut kalau ada program pengobatan gratis. Misalnya pengobatan khusus lansia dan orang yang mengidap gangguan jiwa.

“Kami akan siapkan pentas untuk mensukseskan kegiatan ini termasuk untuk pemutaran film edukasi nanti. Kami juga akan informasikan kepada masyarakat tentang akan adanya pelaksanaan pasar murah. Saya yakin masyarakat kami akan dengan senang hati menyambut ini,” pungkasnya. (say)